Dada Sakit Sekali Setelah Olahraga?

Posted by admin 25/11/2016 0 Comment(s) Kesehatan,

Vemale.com - Saat kamu melakukan olahraga kardio yang melatih jantung, kamu mungkin akan merasakan detak jantung lebih cepat dan membuat dadamu sakit. Saat seperti ini, kamu harus istirahat untuk mengembalikan denyut jantung kembali normal, baru bisa melanjutkan olahraga lagi.

 

Tapi ternyata ada penyebab lain lho mengapa dada sakit setelah kamu olahraga, perhatikan penyebabnya ya. David Friedman, M.D., ahli gagal jantung Long Island Jewish Valley Stream Hospital mengatakan bahwa nyeri atau sakit dada bisa terjadi saat berlari, tapi ada rasa sakit yang seharusnya tidak diabaikan, karena penyebabnya lain.

 

  • Kamu masih pemula dalam hal lari

    Setiap orang bisa berlari, tapi kamu pasti akan mudah kehabisan tenaga jika tak terbiasa lari sebelumnya. Itulah yang akan terjadi jika kamu masih pemula dalam hal olahraga lari. Butuh pembiasaan sehingga dadamu tak mudah sakit karena detak jantung semakin cepat. Seiring kamu terbiasa berlari, rasa sakit di dada akan semakin jarang terjadi.

     
  • Otot dada kram

    Bukan hanya otot kaki saja yang bisa kram, bahkan otot ada juga bisa kram atau tegang dan sulit digerakkan. Menurut dokter David Friedman, otot yang disebut intercostal ini bisa tegang karena kamu kurang cairan tubuh atau mengalami dehidrasi. Kurangnya elektrolit dalam tubuh inilah yang bisa membuat otot dada kram. Untuk mengatasinya, minumlah cukup air putih.

     
  • Kamu punya maag

    Kamu mungkin tak menyadarinya, bahwa ternyata asam lambung bisa menyebabkan rasa sakit di dada. Tekanan pada sistem pencernaan menyebabkan asam lambung naik ke esofagus sehingga menyebabkan rasa sakit di dada. Untuk mengatasinya, ada baiknya jika kamu olahraga tidak dengan perut kosong, makanlah sedikit sebelum olahraga.

     
  • Kamu punya asma atau masalah paru-paru

    Ada beberapa kondisi gangguan sistem pernafasan yang menyebabkan rasa sakit di dada, salah satunya adalah asma. Pengobatan pencegahan bisa dilakukan agar tidak kambuh saat melakukan olahraga. Selain asma, kemungkinan kamu mengalami pneumothorax, di mana ada cairan yang masuk ke paru-paru, sehingga menyebabkan sakit.

     
  • Kamu mengalami komplikasi jantung

    Ini penyebab paling parah. Semakin cepat kamu lari, semakin besar kemungkinan sakit pada dada. Tap jika kamu punya kondisi jantung koroner, di mana darah menggumpal dan menyumbat arteri, akan timbul rasa sakit di jantung. Bahayanya, ini bisa menyebabkan serangan jantung dan lainnya.

     

 

Rasa sakit di dada bisa karena kamu jarang olahraga. Tapi jika kamu merasa rasa sakit di jantungmu terasa tak biasa, kamu harus hati-hati dari sekarang ya. 

 

 

Leave a Comment